Danau Kakaban, Main Ubur-ubur Ala Spongebob

Wisata danau Kakaban menyajikan pengalaman seru bermain dengan ubur-ubur. Tapi tunggu dulu! Ada beberapa pantangannya. Pantangan apa tuh?

Nah, ntar kita bahas pantangan itu sebelum kita main ke danau ini. Sebelum itu, nyapa dulu deh ya, hehehe. Pagi bro n sist, gimana kabar pagi ini?

Gak kerasa ya? Kita udah di ujung Oktober nih. Sebagai penutupnya, hari ini kita mau main ke danau yang lokasinya sangar banget. Mana tuh?

Danau Kakaban di Pulau Kakaban Kalimantan

Danau Kakaban sebenarnya ada di pulau yang bernama sama, Kakaban. Pulau seluas 774,2 hektare ini adalah tetangganya pulau Derawan. Tau kan Derawan?

Pulau ini udah nge-hits beberapa tahun belakangan ini. Dari pulau itu, kita bisa naik speedboat menuju pulau tujuan ini. Perjalanannya sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Jadi udah pada tau kan lokasinya dimana? Ya, benar. Danau Kakaban berada di Kalimantan timur, tepatnya di kabupaten Berau.

danau kakaban kalimantan timur
Lelahnya perjalanan akan dibayar lunas keindahan danau Kakaban | @yayat_ruhayat

Danau seluas 5 kilometer persegi ini unik. Ia sebenarnya adalah atol yang naik ke permukaan. Atol ini berbentuk cincin raksasa atau mirip juga sama lensa kaca mata tunggal.

Nah, air di tengah danau ini terperangkap, tak bisa keluar ke laut lepas lagi. Dan setelah jutaan tahun, airnya bercampur dengan air hujan dan air laut.

Air laut itu merembes melalui pori-pori pasir dari dasar danau. Kebayang gak rasa airnya? Yaa tetep asin broo, hehehe.

Dengan bentuknya yang keren, danau ini nampak seperti kolam raksasa di tengah laut. Mantab kan? Tapi gak cuma itu yang mantab. Yuk lanjut main!

gambar danau kakaban
Sajian utama pulau Kakaban adalah tentang ubur-ubur | @cahyodc

Sajian utama yang bisa kita nikmatin di danau Kakaban adalah bermain dengan ubur-ubur. Secara langsung. Nyebur ke danaunya. Takut tersengat?

Hehehe, gak perlu takut. Ubur-ubur di sini udah gak ‘ngambekan’ (baca:menyengat) lagi alias ‘jinak’. Tapi tetep ada rambu-rambunya ya bro n sist.

Pengelola danau Kakaban melarang beberapa hal buat yang mau renang dan main bareng ubur-ubur. Apa aja tuh?

danau kakaban terletak di pulau
Pengen main sama ubur-ubur kayak doi? Ada rambu-rambunya lhoh, yuk lanjut! | @syahraainisiregar

Upaya Pelestarian

Yang pertama adalah dilarang mengenakan sunblock sebelum berenang. Hal ini dimaksudkan biar gak merusak alaminya air di danau Kakaban.

Kalo rusak, yang punya ‘rumah’ yang kena polusinya bro. Terus gak boleh juga pake fin atau sepatu katak. Biar kalo kita renang gak gangguin ubur-ubur di belakang kita.

Terus ada lagi, dilarang mengambil ubur-ubur dan mengeluarkannya dari danau. Ngangkat doi sampai ke permukaan air aja sangat tidak disarankan.

Yaa iyalaah, doi kan cocoknya di air bukan di udara, hehe. Terus masih ada nih. Kalo mau renang di laut, bukan di danaunya, itu boleh, asal….

danau kakaban derawan
Abis renang di laut gak boleh nyebur di danau Kakaban lho yaa! | @yayat_ruhayat

Setelah renang di laut lepas, jangan kemudian masuk ke danau. Soalnya, plankton dan mikroorganisme laut lainnya bisa jadi predator di dalam danau.

Kalo mereka besar di dalam danau, mereka bisa jadi benalu bagi si ubur-ubur. Dan yang terakhir, kita gak boleh buang sampah di dalam danau.

Yaa pastinya doong. Sampah itu tempatnya bukan di danau! Janganlah kita ‘memperkosa’ alam dengan membuang sampah sembarangan!

danau ubur ubur kakaban
Mari ikutan jagain ubur-ubur dgn tidak membuang sampah di danau Kakaban ya | @iismamaevan

Kayaknya agak ribet ya bro n sist? Tapi coba dipikir logis deh, semua itu arahnya sama, yakni ke pelestarian danau Kakaban.

Danau ini unik banget, di dunia cuma ada 2, yang 1 di kepulauan Mirconesia. Kalo gak dijaga, waduh kebangetan banget. Ya kan?

Tapi tenang, kita tetap bisa bersentuhan dan berfoto sama ubur-ubur. Yaa, mirip-mirip kayak Spongebob-lah ya, hehehe.

Kapan Main?

Biasanya sih, yang kayak gini gak bakal puas walau udah seharian, hehe. Tapi karena pulau Kakaban tak berpenghuni, kita gak bisa nginep sini.

keunikan danau kakaban
Ubur-ubur adalah penghuni Kakaban, kurang rekomen buat nginep di pulau ini, hehe | @bramsuryahadi

Kita musti balik dulu ke Derawan. Untungnya, di Derawan banyak penginapan dengan tarif Rp 100.000an ribu per malam.

Jadi kapan mau main? Okelah, kayaknya gitu dulu soal danau Kakaban ini. Kita ketemu lagi besok jam 6 pagi di bulan November ya. Tchao!


Featured image by @aconk_firmansyah

Curug Sanghyang Taraje Garut, Tangga Menuju Langit

Curug Sanghyang Taraje Garut adalah curug dengan keindahan super megah. Beberapa fotonya kayak gak di Indonesia, kayak di Swiss. Yuk main!

Pagi bro n sist, gimana kabarnya pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau ngadem, ikutan gak nih?

Tepatnya ke sebuah air terjun yang diberi nama Sanghyang Taraje. Lokasinya di Garut nih, ada yang dari Garut? Yuk gass!

Curug Sanghyang Taraje Garut

Kalo dari pusat kabupaten Garut, jaraknya sekitar 50 kilometer, yakni di desa Pakenjeng, kecamatan Pamulihan, kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tapi sorry nih, kalau mau ke curug ini, kita musti siapin dulu motor kita. Rem dan kondisi mesin pastikan dalam keadaan oke. Tau kenapa?

Karena jalan ke curug Sanghyang Taraje Garut sangat menantang, naik turun bukit. Itulah kenapa naik motor lebih direkomendasikan.

curug sanghyang taraje di garut
Untuk sampai ke sini, kita harus berjalan kaki. Siap gak nih? | @hendra700

Hehehe, jangan senang dulu, itu belum semua lho. Sesampainya di lokasi, kita masih harus jalan dulu. Naik turun bukit dengan kemiringan mencapai 70 derajat lebih!

Nah kalo ini, pake sandal aja, yang anti selip. Biar enak gak gampang terpeleset. Soalnya gak cuma itu, track ini juga bakal cukup melelahkan.

Untungnya, spot yang mau kita sambangi ini cakepnya minta ampun. Bakal dibayar lunas deh sama kecantikannya. Serius!

lokasi curug sanghyang taraje garut
Lelahnya perjalanan akan dibayar lunas di curug Sanghyang Taraje Garut | @ilham_t.h

Lokasinya berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Udah pasti udaranya sejuk, adem, apalagi dengan air terjun. Dijamin betah!

Terus lagi, curug ini bertinggi 100 meter dan termasuk lokasi wisata alam yang megah. Rerumputan beserta gazebo di sekitarnya akan membuat lelah kita sirna *asek

Oh iya, ada lagi. Curug ini berada di antara tebing. Derasnya air ini sampai 2 arus yang menjadi jalan turunnya air terjun. Keren deh!

keindahan curug sanghyang taraje garut
Tak bisa dipungkiri, keindahan curug ini salah satunya dari aliran arusnya yang bercabang | @ricky__inst

Tapi gak cuma itu yang bikin keren. Ada sisi lain yang juga menjadi bumbu dan daya tarik spot ini. Apaan tuh?

Sisi Lain Curug Sanghyang Taraje Garut

Hampir setiap wisata alam di Indonesia punya sisi lain. yakni keberadaan legenda, mitos, dan ‘cerita lama’ yang ada di lokasi tersebut.

Termasuk di curug ini. Konon, Sanghyang Taraje berkaitan dengan cerita Sangkuriang dan Kian Santang. Entah tuh beneran apa enggak.

foto curug terindah di jawa barat
Sama seperti curug lain, spot ini pun ada kaitannya dgn cerita lama | @_aaaallll

Selain itu, curug ini juga disebut sebagai jalan naik menuju khayangan. Ini dapat dilihat dari namanya, ‘sanghyang’ dan ‘taraje’.

Kalo kata ‘curug’ pasti udah pada tau kan artinya apa? Betul, artinya ‘air terjun’. Sedangkan ‘sanghyang’, ada 2 arti yang populer. Apa aja tuh?

Yang pertama adalah sebutan dari bahasa Sunda untuk mengagungkan seorang dengan kekuatan supranatural. Arti ini beda jauh sama arti yang ke-2.

mitos curug sanghyang taraje
“Tangga menuju khayangan”, keren gak tuh? Hehehe | @diki_taufik

‘Sanghyang’ pada definisi lain berarti ‘khayangan’ atau ‘langit’. Sedangkan ‘taraje’ berarti ‘tangga’. Kebayangkan maksud dari nama curug Sanghyang Taraje?

Ya, artinya kurang lebih adalah air terjun yang menjadi jalan menuju khayangan. Wow! Udah ala-ala film lawas gitu ya, hehehe.

Kapan Main?

Sebenarnya, air terjun dengan cerita lama kayak gini ada banyak. Salah satunya air terjun Jurang Manten. Percaya atau enggak, silakan tentukan sendiri, hehe.

wisata alam curug di jawa barat
Jangan sampai kita kotorin tempat secantik dan senyaman ini. Okay? | @kulicitra

Oh iya, soal fasilitas, curug ini udah dilengkapi dengan musholla, tempat istirahat, toilet, sampai warung-warung penjaja makanan.

Itu semua bisa kita nikmati dengan duit Rp 5.000 aja (HTM bisa naik kapan aja. Jadi jangan sampai kita yang merusaknya. Oke?

Okelah, kita ketemu lagi besok ya. Sampai ketemu juga di curug Sanghyang Taraje Garut. Jangan lupa beli dodol Garut juga, hehehe. Tchao!


Featured image by @idrisns

Wisata Gunung Telomoyo, Indahnya 4 Kepungan Gunung

Wisata gunung Telomoyo gak kayak gunung lainnya lho. Pendakian gunung ini termasuk mudah, tapi di pucuknya, kita bisa dapetin view yang kece abis.

Sebelum kita ke puncak gunung ini, nyapa dulu deh ya. Pagi semuanya, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin.

Pagi ini kita mau naik gunung, tapi tenang, gunung ini gak susah amat buat didaki. Bahkan bisa naik motor buat sampe puncaknya, hehehe. Enak to?

Wisata Gunung Telomoyo di Jawa Tengah

Oh iyaa, bentar. Ini kan tanggal 28 Oktober ya? Bertepatan sama hari Sumpah Pemuda. Semoga setelah hari ini pemuda Indonesia semakin berkembang dan berkontribusi. Aamiin.

Oke yuk kita lanjut. Udah kenal sama wisata gunung Telomoyo? Atau malah belum tau gunung ini ada dimana? Hehehe, baiklah, kita mulai dari situ ya.

Gunung Telomoyo adalah gunung bertinggi 1.984 meter di atas permukaan laut dan termasuk gunung berapi yang tak pernah tercatat meletus.

pemandangan gunung telomoyo
Gunung aktif yang belum pernah meletus, gunung Telomoyo | @sathourdays

Walau tingginya gak sampai 2.000 mdpl, namun gunung ini berada di 2 kabupaten. Yakni kabupaten Magelang dan kabupaten Semarang.

Bahkan kita bisa melihat puncaknya dari 4 sudut kota, dari Secang, dari Magelang, dari Salatiga dan dari Ambarawa.

Tapi kalo mau muncak, kita bisa lewat Magelang, tepatnya di desa Pandean, kecamatan Seblak, kabupaten Magelang.

Kalo gak mau capek, yaa naik motor aja, hehehe. Emang bisa? Bisa, wisata gunung Telomoyo bisa dijangkau dengan naik motor broo.

Mau jalan atau naik motor nih? Yuk gass! Hehehe | @tukang_mlaku

Bedanya, kalo emang mau jalan kaki, kita bisa menikmati pemandangan alam Magelang yang sejuk dan menakjubkan.

Dengan jalan kaki juga, kisa bisa dapat esensinya naik gunung, hahaha. Tapi harus kuat ya, soalnya perjalanan cenderung nanjak.

Untungnya, di pucuk kita akan disuguhi pemandangan yang kece abis. Apa lagi kalo bukan sunset?

sunrise dan sunset gunung telomoyo magelang
Keindahan matahari terbenam di puncak Telomoyo. Sadis! | @ghufron03

Sunrise dan Sunset di Gunung Telomoyo

Ya, gunung Telomoyo dikenal sebagai spot oke buat menikmati matahari terbit dan terbenam. Ini juga didukung dengan lokasinya yang sangat strategis.

Gimana enggak, gunung ini diapit sama gunung Lawu, gunung Sindoro-Sumbing, sama Prau. Dan kalo pas lagi cerah, kita juga bisa lihat danau Rawa Pening.

Selain itu, udah disiapin juga spot foto yang iconic banget buat wisata gunung Telomoyo, yakni landasan paralayang dari kayu.

wisata gunung telomoyo
Ini dia landasan paralayang yang iconic di wisata gunung Telomoyo | @saiffuul

Naaah, udah ketebak kan? Selain bisa jadi area berburu foto yang instagramable, puncak gunung ini juga biasa dipake buat kegiatan paralayang.

Okenya lagi, di kanan kiri dan sekitar puncak udah ada banyak pemancar. Artinya, kita gak begitu susah buat nyari sinyal.

Tentu itu jadi kabar bagus buat yang suka bikin Facebook atau Instagram Live, hehehe.

gunung telomoyo jawa tengah
Wisata gunung Telomoyo udah ‘terfasilitasi’ dgn sinyal yang kuat, hehe | @tifanimaulidza

Kapan Main?

Oh iya, sebelum kelupaan. Kalo emang mau naik motor buat sampai puncak, pastikan ya kondisi motor dalam keadaan prima!

Soalnya, gak semua sudut jalan udah mulus. Ruas jalan juga ada yang cuma bisa dilewatin 1 mobil aja. Kudu ati-ati nih ya.

puncak gunung telomoyo
Motor yang prima memudahkan perjalanan kita ke puncak Telomoyo | @rickyusman

Terus kapan mau main? Seperti biasa, pesan kita adalah jangan ‘memperkosa’ alam dengan cara membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalism.

oh iyaa ada lagi, di Jogja ada juga lho bukit yang biasa dipake buat paralayang. Malah kita juga bisa nyobain. Mampir deh ke bukit Gupit Giricahyo.

Okelah kalo begitu. Kita udahan dulu ya. Ketemu lagi besok jam 6 pagi. Dan, selamat menikmati sajian wisata gunung Telomoyo. Tchao!


Featured image by @restikahw

Pulau Nusa Barong, Pulau Pengasingan para Traveler

Pulau Nusa Barong, pernah dengar? Hayoo dimana lokasinya? Nusa Tenggara Barat? Timur? Sorry ya, itu adalah jawaban yang salah. Terus dimana?

Sebelum menjawabnya, nyapa dulu aja lah. Haloo bro n sist, gimana kabar pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau ke pulau asing.

Masih punya Indonesia sih, tapi sepi banget. Jadi pas buat jadi pengasingan dari kebisingan, hehehe. Siap gak nih? Jangan lupa bawa tenda. Yuk gasss!

Jajaran Terluar Pulau Jawa

Eh ngomongin pulau yang pas buat pengasingan, jadi inget pulau yang pernah kita obrolin dulu. Ada 2 lagi. Ntar deh kita kasih tau di bagian bawah.

Kembali ke topik. Pulau Nusa Barong, ada juga yang nyebut Nusa Barung, adalah salah satu pulau yang berada di Pulau Jawa. Kejawab kan? Hehehe.

Tepatnya di desa Puger Wetan, kecamatan Puger, kabupaten Jember, Jawa Timur. Buat sampai ke pulau ini, pastinya kita harus nyebrang dulu.

akses menuju pulau nusa barong
Perjalanan 2 jam ke pulau Nusa Barong akan terbayar lunas! Selamat datang! | @pitik_alas

Kita akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pelabuhan Puger. Walau agak lama, dan itu pun kalo gelombang gak lagi ‘ngamuk’, kita akan dapat sajian mewah.

Sajian mewah ini adalah pasir pantai yang putih, dengan ombak yang cukup tenang, plus bonusnya adalah ikan-ikan yang siap untuk dipancing!

Eh tapi jangan salah, masih ada lagi. Yakni lokasi yang tenang, gak bising, hening. Ya, pulau Nusa Barong adalah pulau tak berpenghuni broo.

pulau nusa barung termasuk wilayah provinsi
Pulau Nusa Barong adalah pulau yang tak berpenghuni. Sepi brooh! | @destio_dwiputra

Bahkan dari luas sekitar 6.100 hektare pulau ini, terdapat 3 hutan dengan masing-masing ‘alirannya’. Apa aja tuh?

Yang pertama adalah hutan mangrove yang ada di teluk Plirik dan teluk Kandangan. Di area ini tentunya bakal teduh banget, mungkin juga sangat tertutup di bagian tertentu.

Yang kedua adalah hutan pantai yang menjalar sampai ke hutan dataran rendah. Keberadaan hutan ini benar-benar membuat udara di pulau Nusa Barong lebih sejuk.

kehidupan di pulau nusa barong
Selain main air, ada apa lagi di pulau ini? | @bahvidhilmi

‘Magnet’ Lain Pulau Nusa Barong

Oke, kita sebutin dulu bisa ngapain aja di pulau ini. Pantainya yang berombak tenang, kita jelas bisa main air atau snorkeling kalo lebih keren dikit, hehe.

Selain itu, kita bisa mancing ikan langsung dari ‘rumahnya’. Sampai camping sambil ngabisin waktu liburan kita. Tapi di samping itu semua…

Pulau Nusa Barong masih punya ‘magnet’ lain, apa tuh? Hutan yang rimbun tadi sebenarnya adalah ‘rumah besar’, bukan bagi manusia, tapi buat flora dan faunanya.

satwa di pulau nusa barong
Pulau Nusa Barong ditinggali berbagai satwa, termasuk ikan-ikan seperti ini | @bagus_reg7

Sebut aja rusa, kera, sampai babi hutan, semua ada di dalam hutan tersebut. Belum lagi elang laut, walet, kuntul, sampai ayam hutan.

Nah, jadi buat yang mau nginep di pulau ini, harus siap-siap juga tuh sama si empunya rumah, hehehe. Siapa tau mereka datang ‘tak diundang’, hahaha.

Kapan Main?

Jadi kapan mau main nih? Saran kita, kalo mau camping, bawa perlengkapan dari rumah ya. Soalnya di pulau ini bisa jadi belum tersedia.

wisata pulau nusa barong jember
Nginep di pulau ini bakal ada sensasinya sendiri, berani coba? | @choiron_affandi

Terus soal perbekalan, buat jaga-jaga aja, bawa yang banyak biar gak kehabisan. Namanya juga ‘pengasingan’, pasti sepi banget.

Eh tapi soal pulau pengasingan, ternyata gak cuma jadi mlik pulau di Jawa Timur ini aja. Dulu kita pernah ngobrolin pulau Kenawa sama pulau Tikus.

Kalo mau pergi dari kepenatan, 2 pulau itu recommended banget. Cobain deh mampir abis ini.

Udah deh kayaknya gitu dulu yaa bro n sist, kita ketemu lagi besok jam 6 pagi. Sampai ketemu di pulau Nusa Barong. Tchao!


Featured image by @andiexkambey

Taman Bunga Amarilis, Bangkit & Bersolek Lebih Cantik

Taman bunga Amarilis pernah jadi bahan perbincangan saat ia menjadi korban dari ke-alay-an kids jaman now beberapa waktu yang lalu. Masih ingat kan?

Ya, taman bunga ini terinjak-injak dan kemudian mati. Padahal saat itu adalah masa mekar dan indahnya. Tapi itu dulu. Bagaimana dengan saat ini?

Nyapa dulu deh, hehe. Haloo, apa kabar? Semoga baik-baik aja ya. Soalnya pagi ini kita mau ke Jogja buat lihat taman bunga yang hits banget akhir-akhir ini. Yuk!

Kemolekan Taman Bunga Amarilis

Pada tahun 2016, media sosial dihebohkan dengan foto taman bunga yang terinjak-injak oleh pengunjungnya. Bahkan media lokal sampai nasional meliputnya lho!

Taman bunga itu adalah taman bunga Amarilis yang ada di Jogja, tepatnya di desa Salam, kecamatan Patuk, Gunung Kidul.

Saking mirisnya, pihak UGM kemudian turut turun tangan untuk ‘merehabilitasi’ taman agar kembali ditumbuhi bunga Amarilis.

taman bunga amaryllis gunung kidul
Taman bunga Amarilis kini bangkin dan kembali bersolek cantik | @hendi_prayitno

Dan, voila! Bunga Amarilis saat ini sudah kembali mekar! Kerja keras selama kurang lebih satu tahun terbayar lunas.

Dan untuk menghindari ‘kejadian bodoh’ yang sama seperti tahun lalu, pengelola telah menyiapkan jalan khusus agar kita bisa ke tengah-tengah taman tanpa menginjak bunga.

Tapi meski demikian, kita harus tetap hati-hati ya. Sayang nih, kan gak setiap saat mekar. Kabarnya, momen mekar hanya pada bulan Oktober-Januari.

kebun bunga amarilis atau lili di patuk gunung kidul
Gak perlu keluar duit banyak buat nikmatin keindahan taman bunga ini | @hanungfiqhy

Berapa biaya masuknya? Murah gan! Cukup dengan Rp 5.000 per orang dan parkir Rp 3.000 per motor. Oh iya, naik motor aja kalo ke sini.

Soalnya, parkirnya masih dalam perluasan. Selain itu, kalo mau dateng pas gak lagi rame, kita bisa ke sini sebelum jam 7 pagi.

Tapi juga bisa pas sore sembari menikmati senja yang kece abis di sudut kota Jogja. Tentunya ini akan tambah bikin foto kita instagramable, hehehe.

Nahm biar foto kita hasilnya keren dan mengundang like, pengelola juga udah nyiapin spot foto secara khusus. So, sekali lagi jangan sampe kita merusak yaa…

wisata taman bunga amarilis jogja
Foto di taman bunga Amarilis bakal instagramable banget. Setuju? | @mira_m1124

Lebih Jauh Soal Bunga Amarilis

Taman bunga Amarilis ini memiliki luas lebih dari 2.300 meter persegi dengan persebaran 500.000 umbi atau bibit bunga. Luas banget kan?

Rencananya, taman ini akan diperluas agar genap sampai Rp 5.000 meter persegi. Dengan demikian, nantinya akan menjadi padang bunga yang luas, hehe.

Tapi ada yang tau gak sih Amarilis itu bunga yang kayak apa? Wikipedia bilang, bunga dengan nama latin Amaryllidaceae ini masuk dalam suku bakung-bakungan.

Suku ini punya 60 genus dengan kurang lebih 800 species. Wah ada banyak pilihan kan? Mau punya gak nih? Hehehe.

taman bunga amarilis kabupaten gunungkidul daerah istimewa yogyakarta indonesia
Pengen bawa pulang bunga cantik ini? | @ebithanovians

Biasanya sih, wisatawan yang datang ke taman bunga Amarilis juga sangat meminati bunga ini. Pengelola pun menyadari itu.

Atas dasar itulah pengelola kemudian menyediakan bibit yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Selain bibitnya, kita juga bisa membeli hasil tangan warga sekitar.

Yakni kain batik bercorak bunga Amarilis. Wow keren banget kan? Selain lahannya, ternyata buah tangannya juga bisa jadi jalan rezeki. Keren sadis!

taman bunga amarilis salam patuk
Luar biasa! Bunga Amarilis berhasil menggerakkan roda ekonomi warga sekitar | @kadilla_ayu

Kapan Main?

Eh, tapi gak cuma itu doang lho. Di taman ini udah ada juga penjual makanan dan minuman beserta tempat istirahat buat yang capek muterin taman, hehe.

Oh iya, disarankan kalo ke sini, bawa topi juga ya. Apalagi kalo pas siang, akan terasa banget panasnya. Dan lagi berhati-hatilah saat gerimis bahkan pas hujan.

Ada beberapa sudut taman yang masih dalam proses perbaikan jalan agar tak becek ketika hujan. Jadi, bawa sandal akan lebih aman, hehe.

alamat taman bunga amarilis jogja
Sembari menunggu ‘sempurnanya’ fasilitas, pakai sandal lebih aman, buat jaga-jaga kalo becek, hehe | @realitaanugrah

Daaan, gak lupa juga. Selain area ini, kita juga bisa main ke bukit Panguk Kediwung atau ke goa Jomblang. Mumpung masih di Jogja, hehe.

Setelah puas di kota pelajar, besok kita akan ke sebuah pulau yang unik dan tentunya asing ala Jejak Alam. Siap? Sampai ketemu besok ya! Jangan lupa share taman bunga Amarilis ini ke teman-temanmu. Tchao!


Featured image by @setiyokoagus