Bunga Bibir Merah, Bunga Penggoda yang Langka

bunga bibir cantik

Bunga Bibir Merah pantas disebut salah satu bunga paling unik di dunia. Bagaimana tidak, dia menarik binatang dengan cara yang mirip dengan manusia. Wow!

Pagi bro n sist, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Perasaan udah lama kita gak ngobrolin soal flora atau fauna. Ya kan?

Nah, pagi ini kita mau terbang ke benua Amerika buat lihat penampakan bunga berbentuk bibir wanita. Menarik kan? Yuk lah!

Bunga Bibir Merah yang Menggoda

Bunga Bibir Merah sempat beberapa kali terlihat di jagat instagram. Bahkan kalo dicari lebih jauh, dia sebenarnya udah dikenal di Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Meski demikian, baru pagi ini bisa nongol di Jejak Alam. Maklum banyak antrinya, hehehe. Oh iyaa, nama ‘Bibir Merah’ ini bukan nama yang sebenarnya lho.

Itu adalah sebutan yang merujuk pada bentuk kelopak bunga yang unik banget. Ya, bentuknya mirip sama bibir wanita yang abis di-gincu, hehehe.

bunga berbentuk bibir wanita
Bentuk cantik bunga Bibir Merah, merah merekah! | @gegengrader

Bunga ini asalnya dari benua Amerika, tepatnya di kawasan hutan Kolombia, Ekuador, Panama, sampai Kosta Rika.

Di sana, bunga Bibir Merah dikenal dengan nama latin Psychotria elata. Ada juga sebutan Kissing Lips Flower, Hooker’s Lips dan Hot Lips Plants.

Semuanya merujuk pada bentuk kelopak yang menyerupai bibir seksi, padahal bunga yang sebenarnya baru akan keluar dari tengah kelopak berwujud bibir seksi itu.

Kelopak yang unik membuatnya mirip seperti bibir merah merekah | @timtast1c

Tapi sebenarnya, bentuknya yang unik ini adalah wujud adaptasi yang ia lakukan. Adaptasi tesebut dimaksudkan untuk menarik satwa lain.

Siapa lagi kalau bukan kupu-kupu, serangga kecil, bahkan burung? Kupu-kupu dan serangga datang untuk mengambil nektar.

Sedangkan burung membantunya dalam proses pembuahan. Dan betul, pas lagi musim mekar, bunga Bibir Merah ‘sukses’ menggoda satwa lain untuk mendatanginya.

kupu kupu di bunga bibir merah
Kecantikan bunga Bibir Merah menarik kupu-kupu sampai manusia | @cichlidx

Saking suksesnya, bunga ini juga sukses menarik manusia lho. Sayangnya, tak semua manusia datang dengan maksud melindunginya. Duh sedih!

Terancam oleh Keserakahan

Masih ingat obrolan kita di Jejak Alam edisi khusus tanggal 17 Agustus 2017? Yakni tentang deforestasi. Kalo lupa, mampir aja ke Deforestasi Hutan Indonesia, Mukadimah Malapetaka Akbar

Ternyata, bunga Bibir Merah adalah salah satu ‘mangsa empuk’ dari keserakahan yang bernama deforestasi di kawasan benua Amerika.

deforestasi merenggut kehidupan
Deforestasi merenggut kehidupan juga bunga Bibir Merah | @themothernatureproject

Kebrutalan itu ternyata menggiring bunga ini kepada kepunahan. Dan yang lebih disayangkan lagi, sampai hari ini belum ditemukan pembudidayaan spesies seksi ini.

Semoga aja ini keliru, semoga aja udah ada dan dalam pengembangan, aamiin.

Pengen Punya?

Kayaknya bunga Bibir Merah cocok kalo ditaruh di depan rumah ya, hehe. Bentuknya yang unik pasti menarik mata siapapun yang melihatnya.

Cuma yaa itu tadi, karena asalnya jauh dari Indonesia, kita masih agak susah untuk memilikinya.

bunga psychotria elata
Bentuk Psychotria elata saat mekar dan merekah. Gak kelihatan lagi bibirnya, hehe | @deeuskadizalmundo

Tapi apapun itu, mari kita jaga flora dan fauna yang ada di dunia ini, termasuk si merah ini. Okelah, kayaknya gitu dulu buat pagi ini.

Kita ketemu lagi besok. Siapkan fisiknya ya, karena kita besok mau berpetualang ke bukit di pinggir samudera Hindia. Keren gak tuh?

Sampai besok ya! Nih dapet cium dari bunga Bibir Merah, mmuach. Wkwkwkwk. Tchao!

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.