Bukit Patirana Bondowoso yang Ada di Atas Awan

bukit patirana bondowoso

Pengen naik gunung, tapi gak mau yang tinggi-tinggi amat? Coba mampir ke tulisan Jejak Alam yang judulnya 3 Gunung di Jawa Tengah Buat Pendaki Pemula. Tapi kalo masih gak mau setinggi gunung, coba ke bukit aja atau ke Gua Lawa yang udah kita obrolin di artikel berjudul Wisata untuk Pecandu Ketingian, Batu Agung Tegal. Atau ke bukit Patirana Bondowoso.

Bukit ini mungkin masih jarang didengar. Tapi spotnya yang keren pas banget buat kamu yang pengen mendaki tapi gak pengen banyak capeknya, hehehe. Walau ‘cuma’ bukit, bukit ini menawarkan view cakep banget dari pucuknya. Masa gak mau nyobain?

Ya udah yuk cobain bukit ini.

Bukit di Atas Awan

pemandangan dari atas bukit p28 bondowoso
Dapet apa kalo ke P28? Dapet ini nih! Nampol gan! | www.gusbolang.com

Bukit P28 berada di dusun Patirana, desa Wonosari, kecamatan Grujugan, kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kalo dari pusat kota Bondowoso, kita butuh kira-kira 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Tapi tenang, akses udah aman kok. Jalanan udah beraspal.

Eh, kenapa ya namanya P28? Kenapa gak 29? Hehehe.

Angka 28 adalah tanggal saat spot ini dibuka untuk wisata. Sedangkan huruf ‘P’ sebenarnya adalah singkatan dari Patirana yang mengacu nama dusun lokasi bukit sejuk ini.

Kesejukan ini nampak lumrah bila melihat posisi bukit yang berada di atas 902 meter di atas permukaan laut dan masuk dalam kawasan pegunungan Argopuro. Naah, selain sejuk, ada view cakep dari atas sini.

Dari ketinggian ini, kita bisa ngelihat hijaunya alam yang mengelilingi bukit P28. Dan kalo lagi musimnya, bisa juga lho kita berada di atas awan Bondowoso.

Awan ini sebenarnya adalah kabut tipis yang membentuk gumpalan putih. Rasa-rasanya akan jadi negeri di atas awan gitu, padahal gak di atas gunung lho. Keren ya?

Tapi kalo lagi cerah, kita bisa menikmati sajian utama ketinggian. Apa itu? Ya, sunrise dan sunset. P28 adalah tempat yang tepat buat menikmati sang matahari di kala pagi dan sore. Dan 2 waktu itulah saat yang tepat buat melancong ke sini bro.

Sisi Lain Bukit Patirana Bondowoso

Oh iyaa, satu lagi bro. Spot alam ini masih dalam tahap pengembangan untuk menjadi tempat wisata yang mapan. Kita cuma keluar duit buat motor yang kita titipkan di rumah warga aja. Tiket masuk sampai hari ini masih free. Tapi buat jaga-jaga tetap bawa uang ya bro, masa iyaa kita mau nyari gratisan aja, hehe.

bukit di bondowoso
P28 terus berbenah buat jadi wisata mapan | youtube.com

Fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, bahkan warung makan juga masih jarang ditemui di sini. Kalo mau naik, bawa bekal dari bawah saja secukupnya. Dan jangan lupa, bawa turun kembali sampah kita.

Semoga deh ya bukit Patirana Bondowoso segera jadi tempat wisata alam yang baru. Biar gak cuma indah, tapi juga jadi jalan rezeki warga sekitar.


Featured image by ngadem.com

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.