Bukit Ongakan Kediri, Megahnya Kura-kura Raksasa

bukit ongakan kediri

Bukit Ongakan Kediri adalah salah satu ‘korban’ dari keganasan gunung Kelud pada 2014. Namun ia bangkit dan menjadi primadona di Kediri. Yuk main!

Pagi bro n sist, gimana kabarnya pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik. Pagi ini kita mau main ke sebuah bukit yang punya view kece.

Namanya bukit Ongakan. Ada juga yang nulis bukit Onga’an, tapi ada juga yang nyebut bukit Kura-kura. Lhah, yang mana yang bener? Yuk gass!

Lebih Dekat dengan Bukit Ongakan Kediri

Kita kenalan dulu aja. Nama asli bukit ini adalah Ongakan. Kata ‘ongakan’ diambil dari bahasa Jawa yang berarti ‘melongok’ atau ‘menatap’.

Bukit ini berada di lereng utara gunung Kelud, tepatnya di desa Besowo, kecamatan Kepung, kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Kalo dari pusat Kediri, jaraknya sekitar 37 kilometer. Bukit ini adalah salah satu ‘korban’ gunung Kelud pada letusan 2014.

hutan pinus bukit ongakan kediri
Hutan pinus yang perlahan bersemi kembali setelah dihajar sang Kelud | @dhennisputra

Hutan pinus ini salah satunya. ‘Dia’ merana setelah dihajar awan panas. Perjalanan kita akan melewati spot hutan ini. Foto? Boleh…

Perjalanan akan berlanjut dengan suasana yang sejuk. Soalnya bukit Ongakan Kediri berada di ketinggian 860 meter di atas permukaan laut.

Pas udah sampai atas, kita bakal dikasih pemandangan super megah gunung Kelud dan wajuk Selorejo yang berada di Malang.

Biar fotonya makin keren, pengelola udah nyiapin berbagai wahana selfie dan spot foto. Ini nih salah satu yang terfavorit…

bukit ongakan lereng gunung kelud
Monumen Pohon Cinta di bukit Ongakan Kediri, salah satu yang terfavorit | @agus_etiawan

Namanya Monumen Pohon Cinta. Beberapa lainnya bisa kita nikmatin juga lho. Cukup dengan duit gak nyampe Rp 5.000. It’s okay lah yaa?

Oh iyaa, selain itu, kita juga bakal melihat pemandangan menakjubkan dari gugusan bukit berwarna hijau yang nampak berpunuk-punuk.

Nah, karena bentuknya yang sedemikian rupa, maka muncullah sebutan bukit Kura-kura karena dianggap mirip dengan punggung kura-kura.

bukit ongakan besowo kediri
Bukit Ongakan Kediri dengan bukit Kura-kura Raksasa. Keren gak tuh? | @rachmatarif_

Bukit Kura-kura dan Titik Nol Ongakan

Sebentar, kita gak akan berhenti sampai disitu saja broo. Kita masih bisa naik lagi ke spot yang dikasih nama Titik Nol Ongakan.

Tapi sorry nih, hehe, jalannya gak sembarangan. Track cenderung nanjak dengan kemiringan 75 derajat dan sejauh kurang lebih 300 meter.

Sesampainya di Titik Nol, kita bakal lihat gagahnya gunung Kawi, gunung Arjuna, gunung Anjasmara, sampai puncaknya gunung Kelud an puncak Gajah Mungkur.

keindahan bukit ongakan kediri
Tak hanya Kelud, gunung Anjasmoro pun dapat kita nikmati dari bukit Ongakan Kediri | @khusainikhus

Oh iyaa, soal fasilitas, kita udah bisa nemuin musholla, kamar kecil, gazebo untuk berteduh, dan tentunya warung makan biar gak kelaparan, hehe.

Tempat parkirnya pun udah lumayan luas, jadi gak perlu khawatir. Yang wajib jadi perhatian adalah jalan untuk sampai di pintu masuk bukit.

Alhamdulillah saat ini jalan sudah diaspal dan hanya beberapa titik saja yang masih kurang bagus. Namun tetap harus berhati-hati karena jalan cenderung nanjak.

 

perjalanan ke bukit kura-kura ongakan kediri
Siapkan motornya. Kita ketemu di bukit Ongakan Kediri ya! | @diegorobert3447

Jadi Main Kapan?

Jadi kapan nih mau main? Ingat ya, siapkan motor dan mentalnya. Karena aksesnya pun tak biasa, hehehe.

Soal HTM, cukup dengan Rp 5.000 aja, parkir Rp 3.000. Tapi itu bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi siapin duit lebih, hehehe.

Okelah, kayaknya gitu dulu yaa bro n sist. Besok pagi jam 6 kita ketemu lagi dengan jalan-jalan yang gak kalah seru. Sampai ketemu di bukit Ongakan Kediri. Tchao!


Featured image by @dhennisputra

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.