Satwa Super Langka dan Kelainan Ini ‘Ikutan’ Main Film Holywood

black panther animal facts

Ada banyak binatang langka di alam jagat ini, tapi satu yang bikin aku tertarik banget, yaitu macan kumbang atau sebutan kerennya Black Panther. Kali ini aku mau sharing soal binatang yang di tahun 2016 sukses besar karena ‘ikut’ main film Holywood, hehehe.

Oke kita mulai aja…

macan kumbang adalah binatang yang kena kelainanJadi sebenarnya, gak cuma motor aja yang punya sebutan ‘moge’ alias motor gede, kucing juga punya. Nah, kucing gede ini macem-macem, ada macan, singa, leopard, atau jaguar. Khusus buat panther warna hitam ini sebenarnya gak lepas dari nama-nama barusan.

Macan kumbang ini biasa disebut leopard (Panthera pardus) kalo di Asia sama Afrika. Tapi kalo kita ke Amerika, doi dipanggil black jaguar (Panthera onca). Jadi dia itu bukan species yang terpisah dari nama-nama itu tadi, cuma doi ini kena kelainan.

Sama kayak albino, macan kumbang kena kebalikannya albino atau yang biasa disebut melanism. Indikatornya jelas, kulit doi jadi gelap dan hitam pekat. Tapi ada sisi positifnya nih. Karena kelainan ini, macan kumbang jadi relatif lebih kebal sama penyakit.

Dan gak cuma itu sih…

Black panther yang kulitnya gelap bisa ahli berkamuflase pas lagi nyari makan. Oh iya, doi ini nocturnal, kayak burung hantu gitu. Kalo siang tidur, kalo malam klayaban, hahaha.

Sama kayak kucing gede lain, doi juga punya kuku sama taring yang kuat, jadi soal berburu mah gak usah ditanyakan lagi. Kalo lagi laper, buruannya gak jauh-jauh dari hewan herbivora kayak kelinci dan sejenisnya, monyet sampe burung, tapi kalo adanya rusa yaa disantap juga gan!

Sampe sekarang, gak ada angka yang nyebut jumlah populasi black panther di seluruh dunia. Tapi yang pasti, doi masuk kategori binatang super langka dan dilindungi dari perburuan secara global. Mau nyoba miara gak gan? hehehe…

JADI INSPIRASI KARAKTER SUPERHERO

Jadi inspirasi karakter superheroSatu lagi yang menarik dari black panther ini. Doi ‘ikutan’ main film sama Captain America sama Iron Man juga di taun 2016 kemarin. Tapi ikutannya sebagai inspirasi karakter yang sama persis namanya, Black Panther, yang diperankan sama Chadwick Boseman.

Abis dari film Captain America: Civil War itu, doi mau punya film sendiri pake judul Black Panther. Kerennya lagi, setting film superhero ini kemungkinan besar akan ngambil hutan Afrika. Jarang banget ada superhero main di hutan kan ya? hahaha

Abis si macan kumbang, ntar kita kasih lagi tulisan baru soal fauna langka dari dalam laut. Ikan ini keren deh pokoknya, nantikan yaa.

Sumber cerita :

Wikipedia

Black Panther atau Macan Kumbang

Science Kids

Coastal Review

 

Ngobrol santai yuk...