‘Tenggorokan Setan’ di Air Terjun Termegah Sejagat

tempat wisata yang ada di negara brazil

Main ke air terjun itu gak kalah nyenengin kalo dibandingin sama naik gunung atau ke pantai. Iklim yang ada di sekitar air terjun bikin kalem, belum lagi suara deru dan gemericik air yang menghipnotis para pengunjungnya. Tapi kalo deru dan gemericik air terjun yang satu ini gimana ya?

Bukan di Niaraga, tapi di kawasan Amerika Latin. Ada sebuah air terjun yang derunya tak terkalahkan di dunia, bahkan ngalahin Niagara. Di salah satu sudutnya ada spot yang dikasih nama Devil’s Throat atau ‘Tenggorokan Setan’. Kayak apa bentuk ‘Tenggorokan Setan’ ini? Yuk kita ke Brasil…

Air Terjun Raksasa dengan Arus Paling Kuat

Devil’s Throat berada di air terjun Iguazu. Air terjun ini ada di perbatasan dua negara besar di Amerika Selatan, Brasil dan Argentina. Sebanyak 20% ada di Parana, negaranya Neymar, dan 80% ada di Misiones, negaranya Messi. Sesuai namanya yang berarti ‘air yang besar’, air terjun ini punya ukuran sangat besar alias raksasa bro.

Saking besarnya, Iguazu membagi sungai menjadi 2 bagian, bagian atas dan bagian bawah. Tapi gak cuma itu, air terjun ini punya tinggi maksimal 82 meter atau 31 meter lebih tinggi dari Niagara. Untuk diameternya sendiri membentang tak kurang dari 2,7 kilometer. Dengan ukuran semegah ini, Iguazu mampu menghujamkan 300 meter kubik air per detik!

Dari hulu sampai hilir, spot Devil’s Throat adalah yang paling menarik. Spot berbentuk ‘U’ dengan diameter 150-170 meter ini punya aliran terderas di Iguazu. Wajar sih kalo paling deras alirannya. Coba deh lihat penyempitan alirannya yang kayak di foto ini…

air terjun terbesar di dunia dan letaknya
Inilah wujud ‘Tenggorokan Setan’ di Iguazu | panoramio.com

Keindahan air terjun ini gak berhenti sampai disitu aja. Di kanan kiri Iguazu terdapat hutan hujan tropis yang ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional. Taman Nasional ini menjadi tempat bagi kurang lebih 2.000 flora dan fauna yang dilindungi, termasuk jaguar dan buaya.

Dari UNESCO sampai Captain America

Fakta itu kemudian membuat air terjun Iguazu dianugerahi status warisan dunia oleh UNESCO pada 2011. Tapi gak cuma itu, Iguazu juga tampil dalam beberapa film seperti Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull pada 2008 dan salah satu film superhero favorit di tahun 2016. Ada yang tahu?

Ya, benar, Captain America: Civil War.

Iguazu Waterfall wajib dikunjungi
Iguazu Waferfall, spot traveling wajib dikunjungi di Amerika Selatan | argentina-travel-blog.sayhueque.com

Featured image by amazingworldcars.blogspot.co.id

Ngobrol santai yuk...