Air Terjun Jurang Manten dan Misteri Kecelakaan di Masa Lalu

air terjun jurang manten

Air terjun Jurang Manten bakal jadi spot seru buat traveling kita. Alamnya masih asri dan masih jarang terjamah. Tapi gak cuma alamnya, masa lalunya pun menarik.

Selamat pagi bro n sist, gimana kabar pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini Jejak Alam mau ngajakin main ke air terjun nih.

Air terjun ini masih sepi, lokasinya juga masuk dalam hutan. Dan yang lebih menarik, ada cerita legenda yang dari dulu menyelimuti tempat ini.

Wisata Alam Air Terjun di Jepara

Naaah, sebelum kita ngobrolin soal sisi misterinya, kita kenalan dulu. Tapi janji kok kita bahas juga, hehehe.

Namanya air terjun Jurang Manten. Ada juga yang menyebutnya air terjun Jurang Nganten. Kata ‘nganten’ adalah bahasa istilah untuk ‘manten’ dalam bahasa Jawa.

Ya, lokasinya emang di Jawa kok, tepatnya di desa Tanjung, kecamatan Pakis Aji, kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kalo kita dari alun-alun Jepara, perjalanan kurang lebih mencapai 40 menit. Tapi jangan senang dulu, kita juga masih harus berjalan kaki.

air terjun jurang nganten
Mau nikmatin yang ginian? Jalan dulu yaa, hehehe | @chandra_gandek

Perjalanan kaki ini dimulai sejak kita sampai di lokasi parkir di desa Tanjung. Sepanjang kurang lebih 500 meter kita akan menyusuri hutan yang menyembunyikan air terjun Jurang Manten.

Untungnya, view perjalanan menuju ke lokasi sangat indah, adem, dan rasain deh deburan embun yang menyapa sesaat sebelum kita sampai ‘dirumahnya’.

Sembari kita menikmati perjalanan di atas jalan berbatu dan bertanah, tak akan terasa ternyata kita sudah sampai. Air terjun megah setinggi 30 meter akan menyapa kita.

air terjun jurang manten kabupaten jepara jawa tengah indonesia
Capek langsung minggat dgn sambutan deru air terjun Jurang Manten | @arry1402

Capek? Kayaknya enggak sih ya, apalagi jalannya cuma bentar. Tapi kalo capek, kita boleh kok mandi di air yang ‘berisik’ ini, asal gak pas di bawah air terjunnya ya.

Selain berisik, air disini jernih, dingin, dan menyegarkan. Oh iya, jangan lupa juga sama pemandangan sekitar lokasi.

Di kanan dan kiri tempat kita main dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan dan tumbuhan hijau yang bikin foto tambah adem bener.

wisata alam air terjun di jepara
Hijaunya kanan & kiri air terjun membuatnya semakin nyess | @rizkysyach

Eh tapi masih adem bener gak ya kalo tau misteri di balik air terjun ini? Misteri tentang cerita lama kecelakaan yang berujung maut.

Wah jangan-jangan abis ngobrol kisahnya jadi ogah ke sini, hahahaha.

Masa Lalu Kelam di Balik Keindahannya

Air terjun Jurang Manten menyimpan cerita kelam yang dipercaya benar-benar terjadi, bahkan oleh warga sekitar di zaman sekarang. Cerita ini tentang cinta tak direstui dan yang lebih ngeri, kecelakaan.

Konon, ada sepasang kekasih yang nekat menikah tanpa restu dari orang tua sang mempelai wanita. Setelah menikah, mereka pun melakukan perjalanan.

Dalam perjalan itu, mereka menunggangi andong, kereta tradisional yang ditarik oleh lembu atau kerbau. Namun nahas…

wisata air terjun terbaik di jawa tengah
Tak disangka, cantiknya air terjun menyimpan masa lalu yang kelam | @bobby_il

Mereka terperosok ke dalam sebuah jurang yang kemudian menjadi air terjun Jurang Manten ini. Bahkan kerbaunya disebut-sebut berubah menjadi batu besar.

Cerita inilah yang kemudian mengilhami nama ‘Jurang Manten’ yang artinya ‘jurang pengantin’. Wuih ngeriiihhh!

Akan tetapi, tidak ada bukti nyata dan otentik kebenaran kisah yang diperkirakan terjadi pada masa Wali Songo ini. Kalo kalian, percaya gak?

Kapan Main?

Mau percaya apa enggak, waterfall keren ini wajib kita sambangi broo n sist. Apalagi kabarnya masih minim sentuhan pemerintah setempat.

Alhasil, fasilitas belum lengkap, baru beberapa warga saja yang berjualan dan berkontribusi di area ini. Nah, tugas kita nih buat ramein. Oke?!

Tiketnya murah, cuma Rp 5.000 buat masuk, parkir mah wajar Rp 2.000 aja. Eh naik motor aja kalo ke sini, soalnya jalannya masih menantang, hehehe.

Gitu yaa bro, kita ketemu lagi besok pagi. Sampai ketemu di air terjun Jurang Manten! Tchao!


Featured image by @andibopu

Ngobrol santai yuk...