Air Terjun Gedad Gunung Kidul, Primadona Baru Jogja

air terjun gedad playen gunungkidul

Air terjun Gedad Gunung Kidul bakal jadi spot hits baru lainnya dari Jogja. Yakin banget! Tau kenapa? Nyapa dulu yaa, hehehe.

Hai semua, selamat pagi. Sehat kan pagi ini? Semoga sehat selalu ya, aamiin. Pagi ini kita mau main ke Jogja lagi. Ada orang Jogja disini?

Tepatnya ke air terjun yang, pada saat tulisan ini dibuat, belum genap berusia 9 bulan sejak pertama kali diresmikan. Emang apa istimewanya?

Primadona Baru Bermama Air Terjun Gedad Gunung Kidul

Beberapa hari yang lalu kita udah main ke Jogja ya, tepatnya ke bukit Klangon dengan latar gunung Merapi. Sama bukit yang pas sunrise kabutnya sadis banget.

Udah mampir?

Nih kalo belum klik aja Bukit Klangon Glagahsari sama Bukit Panguk Kediwung.

Kali ini gak di sekitar Merapi, jauh banget kalo dari Merapi. Kita mau ke Gunung Kidul. Nama spotnya air terjun Gedad Gunung Kidul.

wisata air terjun terindah di jogja
Selamat datang! Mari kita lestarikan air terjun Gedad! | ig @onykustanti

Dinamai Gedad karena lokasinya di dusun Gedad, desa Banyusoco, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Kalo dari kota Jogja, perjalanan kira-kira 1,5 sampai 2 jam.

Untungnya akses menuju kesana sudah relatif mudah dan bagus. Apalagi lokasi parkir tak begitu jauh dari air terjunnya. Jalan kakinya tak terlalu lama, hehehe.

Air terjun Gedad atau biasa disingkat ATG ini termasuk ‘pendatang baru’ lho. Desember 2016 yang lalu baru diresmikan.

Tapi walau baru, keindahannya gak bisa dipandang sebelah mata.

air terjun gedad gunung kidul
Cakep amat ya, biru hijau seger banget | ig @chaniiiss

Walau gak tinggi-tinggi amat, yakni sekitar 10-15 meter, air terjun ini punya keunikan di tekstur bebatuan yang menjadi luncuran air dari atas.

Bebatuan kapur itu berundak-undak, ada yang menyebut berpunuk-punuk, dan tentunya terjal. Kontur ini yang bikin air sangat beriak dan berbuih.

air terjun baru di gunung kidul
Kontur bebatuan yang membuat air beriak hingga berbuih segarrr! | ig @ghulam.pratama

Pemandangan ini yang jadi sasaran ‘tembak’ para ‘pecandu selfie’. Tenang bro n sist, pengelola udah nyediain tempatnya buat memuaskan sifat keselfian kita, hehehe.

lokasi selfie di air terjun Gedad
Mau selfie pake gaya apa? Nih udah disediain tempatnya, hehehe | ig @sn.diahayu

Nah, selain itu kita juga bisa renang. Di bagian lain air terjun ini sudah disiapkan untuk renang atau sekadar mandi air para wisatawan.

Gak dalem-dalem amat kok, pake pelampung juga boleh.

Masih Sangat Asri dan Terus Dikembangkan

Air terjun Gedad Gunung Kidul ini masih dalam pengembangan. Saat ini sudah ada fasilitas toilet, warung makan, sampai musholla.

Ke depannya, akan terus disiapkan fasilitas lainnya agar spot ini semakin diminati. Tentu ini membutuhkan waktu apalagi tidak adanya campur tangan investor asing.

Pengelolanya pun masih warga sekitar. So, mari kita ikut meramaikan dan mengenalkan air terjun ini agar menjadi bukti lain bahwa alam dapat mensejahterakan manusia.

Yuk Kapan Main?

Oh iyaa sebelum udahan, tiket masuknya Rp 5.000 (kalau belum berubah). Bahkan sempat digratiskan karena saat itu masih promo.

Pesan kita, hati-hati kalo ke sini pas ujan ya. Agak licin bro n sist. Gitu dulu ya, sampai ketemu di air terjun Gedad Gunung Kidul!


Featured image bagusgowes.wordpress.com

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.