3 Air Terjun Ini Udah Kamu Sambangi? Yuk Viralkan!

air terjun yang indah di indonesia

Di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, kita disuguhkan berbagai macam pilihan tempat wisata yang keren bin sangar, ya gak? Tak terkecuali air terjun. Kalo naik gunung, kita bisa kedinginan bisa kecapean. Kalo ke pantai kita bisa kepanasan, capek juga. Nah kalo ke air terjun?

Kita mungkin bisa capek juga, kan ada trip naik turun tangga biasanya. Tapi di samping capek kita bisa dapet kesegaran yang tiada banding dah!

Tulisan ini nanti bikin kita tau beberapa air terjun yang bisa jadi list traveling baru nih. Sama jangan lupa juga ya, kalo ada saran buat dijadiin artikel khususnya soal air terjun atau curug, komen aja. Biar kita bareng-bareng ngenalin spot-spot air terjun keren di negara kita ini.

Udah kita langsung aja ya, ke air terjun yang pertama. Cuss!

  • Curug Citambur, Cianjur
curug citambur cianjur
Curug Citambur hasil jepretan ig @gaze_mood

Sempet bingung deh aku, bedanya curug sama air terjun apaan ya, hahaha. Paling gak kalo curug bahasa daerah, air terjun bahasa Indonesia, gitu aja deh hahaha.

Air terjun pertama datang dari Cianjur, Jawa Barat. Curug ini edaaaan banget kerennya. Deburan airnya bikin udara sejuk menghantam pori-pori wajah yang penuh peluh kelelahan *eaa. Konon katanya tinggi air terjun ini sampai 130 meter dan deburan airnya bisa dirasakan sampai radius 50 meter.

Fasilitas dan Tiket Masuk :

Katanya sih fasilitasnya gak megah-megah amat, lagian ngapain cari yang megah orang kita kan mau ke air terjunnya, hahaha. Di curug ini udah tersedia parkir yang luas, toilet dan warung yang bisa jadi tempat makan kita. Buat saudara saudari muslim, disana juga udah ada mushola. Gak perlu lagi khawatir telat shalatnya deh ya.

Dan yang agak mengagetkan ya, tarif masuknya CUMA Rp 3.000 per orang. Terus kalo kita bawa motor, kita tambah biaya parkir Rp 2.000 per motor, kalo mobil Rp 5.000 per mobil.

So, kita paling gak cuma keluar duit maks Rp 8.000 aja buat masuk sama parkir. Murah sih iya, tapi kayak kurang manusiawi gitu. Kalo berkenan dan mau sukarela, udah deh kasih aja Rp 10.000, hitung-hitung buat bantuin warga situ besarin tempat wisata mereka. Oke?

  • Air Terjun Kapas Biru, Lumajang

    air terjun kapas biru
    Jepretan air terjun kapas biru karya ig @abrahamyusuff

Keren ya namanya, Kapas Biru, hehehe. Air terjun ini ada di Lumajang, masih di kabupaten Malang, Jawa Timur. Btw, penasaran gak sama namanya kenapa Kapas Biru? Soalnya keren, ya gak? hahahaha. Katanya airnya disini jernih banget, tapi kalo dilihat secara seksama, ada warna biru-biru gitu. Maka lahirlah nama Kapas Biru.

Dari tempat parkir, kita harus jalan dulu nih sampe 1-2 kilometer. Sejauh itu yaa 45 menit sampe 1 jam kali ya. Tapi jalannya gak mulus-mulus amat broo, naik turun curam dan memacu adrenalin banget *asek. Namanya traveler, mau gimana pun oke aja dah!

Fasilitas dan Tiket Masuk :

Soal fasilitas, belum banyak nih yang ngasih tau kita apa sama gimana aja yang ada disana. Tapi kalo dilihat dari track yang udah dibangun dan bagus, bisalah kita sebut cukup buat skala wisata.

Biaya parkir sama masuknya gak lebih dari Rp 10.000 kok bro. Murah dah buat wisata air alami kayak gini. Jadi kapan nih mau kesana?

  • Air Terjun Penimbungan Torean, Lombok Utara
air terjun penimbungan lombok
Foto air terjun penimbungan dari ig @baratdaya_

Dari 2 air terjun di atas, menurutku air terjun inilah yang paling outstandingly incredible *asekasek. Pertama kali ngelihatnya udah bikin takjub gara-gara spotnya yang masih kayak di tengah hutan gitu. Air terjun yang satu ini juga masuk di daftar 20 air terjun di Lombok. Edan emang, di Lombok aja Indonesia punya 20 spot air terjun!

Masih agak susah nyari informasi air terjun ini gan, tapi ini jadi bukti bahwa tempat ini masih jarang terjamah. Oh iya, pintu masuknya ini ada di daerah Torean, kaki gunung Rinjani. Tinggi air terjunnya sampai 100 meter. Tapi jarak tempuh dari pintu masuknya bisa sampe 2 jam. Kuat gak nih? Kalo gak ya mending tidur aja dirumah! Hehehe.

Fasilitas dan Tiket Masuk :

Dan hebatnya, gak cukup informasi soal fasilitas yang ada di sana. Tapi paling enggak, kita butuh Rp 30.000 sampai Rp 50.000 buat transport sama masuknya. Kalo mau nginep, disana ada beberapa tempat juga. Kan deket sama Rinjani juga, jadi lebih terjamin deh ya ketersediaannya.

LAST WORDS

Ane yakin, masih ada banyak spot air terjun lain, mungkin juga di daerahmu gan. Tulisin di komentar ya, biar ntar bisa dijadiin bahan. Kalo ada koreksi boleh juga ditulis sekalian, sante jaa. Sampe ketemu di artkel selanjutnya…

Ngobrol santai yuk...