Pantai Florida Banten, Pantai Indonesia Rasa Amerika?

Pantai Florida Banten, lokasinya ada di Indonesia, tapi dinamai persis dengan salah satu daerah di Amerika. Kok bisa? Apa istimewanya?

Pagi bro n sist, gimana kabarnya pagi ini? Semoga sehat selalu. Pagi ini kita mau main ke pantai. Pantai ini ada di Banten, tapi ‘rasanya’ Amerika banget, hehe.

Ya, gak lain karena kata ‘Florida’. Eits, jangan salah. Pantai ini punya spot kece buat kita nikmatin sunset. Yuk jalan!

Pantai Florida Banten, Bukan Miami

Oke, sebelum lebih jauh, kita obrolin dulu deh soal nama ini, hehehe. Pantai ini emang sengaja dikasih nama pantai Florida. Dan kita tambahin kata ‘Banten’.

Soalnya, pantai ini berada di Banten, tepatnya di desa Ciparay, Anyer, Serang. Terus darimana asal idenya menamai dengan nama ‘Florida’?

Konon, pantai ini nyaris serupa dengan pantai Florida di Miami. Pasirnya, ombaknya, sampai suasananya. Menurutmu sama gak bro n sist?

pantai pasir putih florida indah
Pantai Florida Banten disebut mirip sama pantai Florida di Miami. Iyakah? | @rahmafauziah_

Sama atau enggak, pantai Florida Banten tetap punya keistimewaannya yang sayang kalo dilewatin gitu aja. Salah satunya adalah…

Ombak yang relatif tenang. Jadi kalo ke sini, kita bisa main air sepuasnya. Atau kita juga bisa main bola kalo emang dateng rame-rame.

Mau main voli atau sepak bola, ayolah! Tapi kita juga bisa duduk-duduk santai menikmati angin sepot-sepoi.

pantai florida anyer banten
Santai sembari menikmati sepoi-sepoinya angin pantai Florida | @arief_b_setiyono

Kalo gak bawa tikar, kita bisa nyewa dengan ongkos Rp 20.000 per tikar. Sembari bersantai, kita juga bisa menikmati sajian khas pantai.

Apalagi kalo bukan hasil laut. Pantai Florida Banten sudah dilengkapi fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, lahan parkir, dan tentunya warung makan.

Nah, itulah mengapa area ini pas banget buat santai. Apalagi buat yang jenuh sama kerjaan. Datang aja pas weekdays, suasana relatif sepi.

Jangan lupa juga buat datang pas di sajian utama pantai di Banten ini. Kapan tuh? Yuk ikutin terus ya…

wisata pantai florida anyer
Selain berfasilitas lengkap, ada apa lagi di pantai ini? Yuk lanjut… | @katadhe

Sisi Simetris Senja Pantai Florida

Ya kapan lagi kalo gak pas senja. Kalo ke pantai gak nikmatin senja, rasanya kayak ada yang kurang ya? Saat-saat ini juga foto kita terasa lebih pro, hehehe.

Nah, untungnya, pantai Florida Banten disebut punya spot foto senja yang keren abis. Alasannya adalah senja nampak berada tepat di tengah pantai.

Entah kebetulan atau enggak, pantai ini menghadap ke barat. Dan senja tepat berada di ujung barat penglihatan kita.

senja di pantai Florida
Benar atau enggaknya soal simetris itu, senja di pantai Florida tetap menarik hati | @ipunk_monexs

Kalo pas tepat dapat momennya, kita bisa berfoto tepat di simetrisnya matahari terbenam dengan bibir pantai.

Untuk menikmati semua itu, kita cuma butuh keluar duit sebesar Rp 10.000 per orang. Untuk mobil, parkirnya Rp 75.000

Ada cara lain biar lebih murah, yaitu menginap di hotel. Pantai ini udah digarap, termasuk akomodasinya. Kita bisa pilih hotel yang ada di sekitar pantai.

Dan dengan menginap di hotel, kita ‘berpeluang’ untuk dapat akses gratis ke pantai. Tapi….kita harus check in hotel brooh…

pantai florida di banten indonesia
Pantai Florida Banten sudah ada banyak hotel. Mau nginep sana atau di pinggir pantai nih? | @randyganjar39

Kapan Main?

Gak semua cocok dengan tidur di hotel. Kadang ada yang lebih pengen menikmati alam dengan cara ‘menidurinya’, hehehe.

Boleh, asal tetap dengan izin pengelola. Nikmatin deh gimana rasanya tidur di pantai ini. Okelah, kayaknya gitu dulu. Kita ketemu lagi besok ya.

Seperti biasa jam 6 pagi di Jejak Alam. Sampai ketemu juga di pantai Florida Banten. Salam anak pantai dan tchao!


Featured image by @kliklux

Pantai Embe, Kecantikan yang Tak Banyak Terjamah

Pantai Embe adalah pantai yang mapan, artinya telah digarap pihak swasta dengan berbagai fasilitasnya. Sayangnya ia justru masih sepi. Kok bisa? Yuk ramein!

Pagi bro n sist, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu, aamiin. Harus sehat ya, karena hari ini kita mau main ke pantai.

Namanya pantai Embe, ada yang tau? Lokasinya di Lampung nih. Ada yang dari Lampung? Kalo ada, bisa nih nemenin seharian di sini, hehehe.

Pantai Embe atau Pantai Merak Belantung?

Gak kayak biasanya nih, kali ini Jejak Alam ngajakin main ke pantai yang sebenarnya udah digarap, tapi kabarnya masih gak terlalu ramai.

Pantai itu bernama pantai Embe. Nama ini adalah singkatan dari Merak Belantung. Dua kata itu adalah lokasi si Embe, yakni di desa Merak Belantung, kecamatan Kalianda, kabupaten Lampung Selatan.

Tenang, pantai ini mudah dijangkau via Jalur Lintas Sumatera. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadia ataupun umum seperti bus dan ojek. Gampang deh!

pantai embe di kalianda lampung
Selamat datang di pantai Merak Belantung atau yang biasa disebut pantai Embe | @yenita_anggraini

Tapi kalo dari pusat kota Bandar Lampung, jaraknya sekitar 45 kilometer. Cukup jauh ya? Sekali lagi, tenang! Jalan udah mulus kok.

Sesampainya di pantai, kita akan disambut dengan ombak yang mendayu-dayu bersama ayunan angin yang sejuk sepoi-sepoi.

Pantai Embe berpasir putih lembut yang cocok banget buat main-main. Tapi kalo mau yang lebih, kita bisa menyewa kano. Siapa yang mau main kano?

pantai embe di kalianda lampung
Nih salah satu spot foto di pantai Embe. Tapi kayaknya bakal lebih keren kalo sama ‘seseorang’, hehe | @_pupung27

Fasilitas penyewaan kano ini sebenarnya hanya salah satu. Kita masih bisa bersantai di gazebo yang disediakan, atau bermain di lapangan mini.

Udah gitu, masih ada juga taman bermain anak yang bersifat edukatif. Nah, buat adek-adek kita udah ada tempatnya sendiri nih.

Mau main ombak juga boleh, tapi hati-hati. Ombak di pantai Embe juga bisa ‘galak’ kalo lagi waktunya, hehehe.

pantai embe di bandar lampung
Ular Kobra ‘jadi-jadian’ ini adalah salah satu ikon di pantai ini | @ipang_ajjeiger

Dan jangan lupa juga buat foto-foto, termasuk di spot foto yang jadi salah satu icon pantai yang satu ini.

Itu belum semuanya lho. Emang ada apalagi? Yuk ikutin terus yaa…

Pantai Embe Belum Terlalu Ramai

Kadang ada yang nyari pantai sepi biar bisa bebas berlibur, tapi ada juga yang nyari sebaliknya. Kalo kamu milih yang mana bro n sist?

pantai embe south lampung regency lampung
Pantai Embe masih tergolong sepi. Tapi semoga ini salah! | @josuarnld

Pantai Embe ini disebut-sebut masih sepi, padahal ‘seabrek’ fasilitas udah disiapkan. Apa ini gara-gara HTM-nya ya? Agak mahal sih emang…

Yakni Rp 25.000 (harga bisa berubah kapan aja). Dengan angka segitu, sebenarnya kita bisa dapet fasilitas-fasilitas yang udah kita sebut di atas.

Plus masih ada lagi musholla, lahan parkir, toilet yang sangat penting, dan bumi perkemahan, penginapan (tentu ada biaya tambahan).

pantai embe beach lampung
Camping di pantai Embe kayaknya bakal memorable banget. Yukk gass! | @ini_kaliandalampungindonesia

Dua fasilitas terakhir dibuat salah satunya untuk memfasilitasi para traveler yang berminat sama sunset dan sunrise di pantai Embe.

Betul, pantai ini ‘menyediakan’ spot yang pas buat view matahari, baik saat terbit atau tenggelam. Keren kan?

Kapan Main?

Nah, untuk itulah, Jejak Alam mau ngajak teman-teman buat main ke Pantai Embe. Ramein deh, ajak semua kawan yang kerja terus tuh, hehehe.

wisata pantai merak belantung
Yuk ramein pantai Embe. Abis dari sini, ada spot lain yang gak kalah juga lho… | @deprijr95

Oh iyaa, pesan kita selalu sama. Apa tuh? Jangan buang sampah sembarangan. Kalo pantai emang sedang kurang bersih, yaa jangan semakin ‘dinodai’. Oke?

Eh sebelum udahan, dulu kita pernah main ke Taman Nemo sama Teluk Kiluan. Semuanya di Lampung lho. Mampir ya abis ini…

Okelah, besok jam 6 pagi kita ketemu lagi ya. Mau main air dulu di pantai Embe, hehehe. Sampai besok bro n sist. Tchao!


Featured image by @pujabiee

Goa Karang Bolong, Cala Lunanya Kebumen

Goa Karang Bolong sekilas ngingetin sama goa yang ada di salah satu pantai Sardinia. Ada yang sepakat? Atau belum tau? Yuk kita main aja deh…

Pagi bro n sist, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini, kita mau main ke goa yang ada di pinggir pantai.

Uniknya, goa ini sekilas ngingetin sama goa yang ada di Italia. Gak sama persis sih, tapi bisa aja kita sebut Cala Lunanya Kebumen. Emang mana tuh Cala Luna?

Pantai Karang Bolong di Kebumen

Hehehe, sebelum kita jauh terbang ke Sardinia buat liatin si Cala Luna, kita ke Kebumen dulu aja. Tepatnya ke rumahnya goa Karang Bolong.

Ya, mana lagi kalo gak ke pantai dengan nama yang sama, yakni pantai Karang Bolong. Nama Karang Bolong adalah nama desa dimana pantai berada.

Lengkapnya adalah, desa Karang Bolong, kecamatan Buayan, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Deket gak sama rumah kalian bro n sist?

pantai karang bolong di kebumen jawa tengah
Sudut indah Kebumen di pantai Karang Bolong | @ronal_ys

Pantai ini dikenal dengan pasir yang coklat keabu-abuan. Ombaknya cukup besar, apalagi kalo pas pasang.

Selain itu, pantai ini dihiasi sama pepohonan nyiur yang melambai-lambai dengan hiasan tebing dan bukit yang nampak gagah.

Kegagahan bukit ini malah udah dikasih nama, yakni bukit Hud (ada juga yang menulisnya bukit Hood) dan dimanfaatin sebagai wahana foto.

foto pantai karang bolong kebumen jawa tengah
Birunya samudera dengan horizon di ujung lautan, kece sadis! | @karinna_ns

Nah, biar foto makin keren dan mengundang banyak like, pengelola udah nyiapin spot foto dari kayu yang mempertontonkan kemegahan Kebumen.

Megahnya lautan Karang Bolong sampai terlihat horizon di ujung samudera bisa kita ‘tangkap’ dari atas bukit Hud. Keren kan?

Tapi kalo itu masih kurang, kita bisa juga nyewa perahu dengan ongkos Rp 10.000 untuk keliling ke lepas pantai. Kayak gini nih…

wisata pantai karang bolong kebumen
Mau naik bukit atau berlayar? Yuk cobain semua, hehehe | @rarawarisiwi

Oh iya, sebenarnya nama Karang Bolong gak cuma jadi milik pantai ini aja. Kalo kita mau nanya mbah Google, kita juga akan ketemu pantai dengan nama sama tapi di lokasi yang berbeda.

Sebut aja di Pacitan, Banten, Cilacap, sampai Malang. Semua merujuk pada keberadaan karang yang bolong atau berlubang.

Termasuk pantai di Kebumen ini, doi punya karang berukuran besar yang berlubang. Dan kalo diamati, area ini mirip banget sama spot di Cala Luna.

Nah, sebenarnya dimana sih Cala Luna dan Sardinia ini? Yuk kita ke Eropa!

goa karang bolong di pantai karang bolong kebumen
Goa Karang Bolong dilihat dari luar. Sayang kalo gak masuk, hehehe | @mheru7

Cala Luna Ala Kebumen

Oke, kita udah naik bukit Hud, udah muter-muter ke lautnya. Sekarang kita ke titik yang disebut jadi icon pantai ini.

Mana lagi kalo bukan goa Karang Bolong. Goa ini bisa dikunjungi pas air lagi surut, dan tetap harus berhati-hati karena ombak bisa kapan aja menghantam.

Goa ini diperkirakan punya panjang dan lebar masing-masing 30 meter. Sedangkan tingginya cuma 5 meter aja. Nih fotonya…

goa karang bolong terletak di provinsi
Goa Karang Bolong saat kondisi air tengah surut. Yuk main! | @asatutrans

Foto ini, entah sengaja atau enggak, hehehe, langsung mengingatkanku sama sebuah pantai dengan nama Cala Luna. Pantai ini berada di Eropa bro!

Tepatnya di kawasan Sardinia, Italia. Baik yang di Sardinia maupun yang di Kebumen, mereka punya perbedaan dan kesamaan.

Bedanya, Cala Luna pasirnya putih banget. Pol deh putihnya! Airnya juga biru kayak pake kaporit, hehehe. Nih liat aja…

pantai cala luna mirip sama pantai karang bolong kebumen
Penampakan pantai Cala Luna yang aduhai seksinya. Cakep abis! | exquisitecoasts.com

Nah soal kesamaan, mereka berdua sama-sama punya goa. Di Cala Luna malahan ada beberapa goa dalam satu kawasan.

Uniknya, goa itu berhadapan langsung ke laut lepas. Kebayang gak tuh betapa luar biasanya foto yang dihasilkan?

Pantainya dan langitnya biru, pasirnya putih, plus ‘efek’ goa yang membuatnya lebih eksotis. Ah udah gak usah bayangin, nih ada fotonya, hehehe.

gambar pantai karang bolong kebumen mirip cala luna
Ini nih, view Cala Luna dari goa yang eksotis. Ke sini yuk! Hehehe | exquisitecoasts.com

Kapan Ke Cala Lunanya Kebumen?

Walau gak sama persis ya, tapi goa Karang Bolong ini bisa jadilah yaa Cala Lunanya Kebumen. Paling enggak versinya Jejak Alam, hehehe.

Tapi kayaknya, selain goa Karang Bolong di Kebumen ini, masih ada Karang Bolong yang lain. Kapan-kapan deh ya kita ke sana.

Jadi kapan nih mau ke Kebumen? HTM murah kok, cuma Rp 3.000 (kalo belum naik, hehe).

Eh sebelum udahan, kita pernah lho main ke pantai lain di Kebumen. Mampir aja di ‘Surga’ Tersembunyi di Sudut Kebumen. Okelah, gitu dulu ya, kita ketemu lagi besok jam 6 pagi. Tchao!


Featured image @trikthek

Pantai Legon Pari, Sudut Indahnya Banten

Pantai Legon Pari gak begitu luas, tapi ada semacam kemesraan di pantai ini. Apalagi saat senja mendatangi peraduannya. Yuk main ke sudut Banten yang indah ini!

Selamat pagi, selamat bertemu kembali di Jejak Alam. Pagi ini kita mau main ke pantai bro n sist, tepatnya ke pantai dengan nama Legon Pari.

Udah pernah main ke sini? Kalo belum, yuk dah kita terbang ke Lebak. Bawa tenda ya, sekalian mau camping. Emang boleh? Hehehe.

Pantai Legon Pari, Pantai Sawarna

Pantai yang mau kita sambangi ini berada di desa Sawarna, kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, banten. Pantai ini punya 2 nama atau sebutan…

Yang pertama, pantai Sawarna. Nama Sawarna diambil berdasarkan desa dimana pantai ini berada. Dan yang ke-2 adalah Legon Pari.

Dalam bahasa setempat, kata ‘legon’ berarti bagian yang menjorok ke darat atau gampangnya ‘teluk’. Sedangkan kata ‘pari’ udah bisa ditebak kan?

wisata pantai legon pari
Ini dia pantai Legon Pari, pantai dgn lengkung pantai sepanjang 4km | @ayoe_wg99

Ya, dulu di kawasan ini banyak ditemukan ikan pari. Maka disematkanlah kata ‘pari’ untuk melengkapi kata ‘legon’.

Ngomongin soal fisiknya, garis lengkung pantai cantik ini sepanjang kurang lebih 4 kilometer. Belum lagi kalo pas sore hari, keindahannya bakal berlipat.

Selain itu, pantai Legon Pari dikenal dengan pasir yang lembut berwarna putih kecoklatan. Pastinya bikin betah buat ngabisin waktu di sini.

pantai legon pari sawarna kabupaten lebak banten
Pantai Legon Pari punya pasir putih dgn ombak yang syahdu | @agres.awan

Sembari menikmati pasir pantai yang tersapu ombak, kita pasti juga tak tahan untuk gak mandi, hehehe. Tenang, semua bisa diatur!

Ombak di pantai ini sebenarnya dikategorikan cukup besar, apalagi ketika musim hujan dan cuaca buruk. Tapi kalo datang sekitar Juni sampai Agustus, cerita bakal beda.

Pada rentang bulan itu, kita diperbolehkan mandi dan main air di pantai ini. Ombak pada masa itu justru cenderung kecil dan tidak berbahaya.

gambar senja pantai legon pari
Pantai Legon Pari masih punya 1 sajian lagi, yakni senja yang menakjubkan | @ngguhnangguh

Senja dan Penginapan di Pantai Legon Pari

Selain pasir dan ombaknya yang bikin betah, ada hal lain lagi yang bikin kita lupa rumah. Yakni pemandangan senja yang indah dan menakjubkan.

Pantai di Banten ini ternyata menjadi spot yang tepat buat menikmati semburat senja. Dan tak perlu khawatir kita pulang kemaleman.

Kita bisa menginap di penginapan (semacam homestay) yang sudah disiapkan oleh warga sekitar. Nah, kita bisa nyewa tuh.

ngecamp di pantai legon pari
Selain nginep di homestay, kita juga bisa nge-camp. Asik mana? | @cordonscoot

Kalo enggak, kita juga bisa nginep langsung di tepi pantai. Bener! Jadi anak pantai, hehe. Makanya, jangan lupa bawa tenda yaa bro n sist.

Kapan Mau Main?

Oh iyaa, sebelum lupa. Untuk memasuki kawasan pantai ini, kita akan ketemu sama jalan yang cukup menantang.

Ada beberapa titik yang ‘memaksa’ kita untuk jalan kaki, itu kalo kita bawa mobil. Kalo bawa motor, kita masih bisa lewat.

Tapi tunggu dulu, ada juga ruas jalan yang hanya 1 arah. Ehm, gak gampang yaa emang bro, apalagi posisi pantai emang ada di belakang bukit.

pantai legon pari sawarna bayah
Pantai susah dijangkau, tapi justru disitulah keindahannya. Yuk main! | @amelleas

Tapi mungkin karena itu juga pantai Legon Pari terlihat eksotis dan eksklusif. Ya kan? Okelah, kayaknya gitu dulu ya.

Sampai ketemu di TKP dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya. Tchao!


Featured image by @irhamfaridh

Pantai Jolosutro Blitar, Tentang Angin Sepoi & Lautan Hindia

Pantai Jolosutro Blitar mungkin gak begitu populer, tapi bisa jadi spot alternatif buat yang nyari pantai di Blitar. Ada keistimewaan apa di pantai ini? Yuk main!

Pagi bro n sist, gimana kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau main ke pantai. Tapi pantainya yang kurang populer.

Namanya Jolosutro, sebuah pantai di Blitar yang diapit perbukitan. Kalo gak populer, bisa ngapain aja di sini? Boleh mandi? Ikutan dulu yukk ahh…

Keindahan Pantai Jolosutro Blitar

Pantai ini tepatnya berlokasi di desa Ringinrejo, kecamatan Wates, kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kalo dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 45 kilometer.

Pantai Jolosutro adalah pantai yang menghadap ke samudera Hindia, makanya gak heran ombaknya cukup besar.

Karena kondisi ini, sangat disarankan untuk gak renang ya. Ntar keseret wah repot, hehehe. Cukup masa lalu aja yang menyeretmu, ombak jangan! Hahaha *apaansih

lokasi pantai jolosutro blitar
Pantai Jolosutro adalah bekas pertambangan biji besi. Pasirnya coklat tua, bahkan hitam | @zakiyabuanglemak

Pantai ini juga memiliki pasir coklat tua sampai hitam bahkan mengandung biji besi. Dulunya, spot ini adalah area pertambangan biji besi broo.

Tapi seiring berjalannya waktu, pertambangan pun mulai sirna dan perlahan menjadi tempat wisata potensial di Blitar.

Apalagi keberadaan pohon cemara yang cukup meneduhkan sebagian sisi pantai. Jadi gak perlu terlalu khawatir ntar kulit jadi gosong, hehehe.

pepohonan cemara membuat rindang pantai Jolosutro blitar
Sudut pepohonan cemara membuat rindang pantai Jolosutro Blitar | @dimaskriyuks

Eh ngomongin pantai dengan pepohonan cemara, jadi inget obrolan kita di salah satu pantai di Tuban. Masih inget? Mampir sini deh pantai Cemara Tuban

Lanjut! Pepohonan cemara itu juga membuat angin yang berhembus dari lautan terasa lebih adem, sejuk, dan bikin betah.

Saking betahnya, ada juga yang nge-camp, hehehe. Biasanya abis ini ntar bakar-bakar ikan laut. Uenak tenan!

camping di pantai jolosutro
Camping sembari menikmati deburan ombak pantai Jolosutro Blitar. Seger! | @wl_pebrianty

Oh iyaa, gak perlu takut kemahalan beli ikan di pantai Jolosutro Blitar. Justru di sinilah salah satu ‘markas’ nelayan dengan berbagai macam tangkapan laut.

Sembari bakar ikan, nikmatin juga sajian es kelapa muda. Ya, inilah minuman khas anak pantai, hehehe.

Alternatif Wisata

Nah, selain bisa camping terus bakar-bakaran, kita juga bisa lho naik bukitnya. Keberadaan bukit ini menjadi pembeda dari kebanyakan pantai yang lain.

Pastikan fisiknya sehat, soalnya jalannya bakal nanjak dan bikin capek. Eh tapi jangan salah, view dari atas juga gak kalah kece lho!

pemandangan pantai jolosutro
Pemandangan pantai Jolosutro dari atas bukit. Syahdu rasanya | @nonaseptiana

Sebenarnya, pantai ini bisa jadi alternatif wisata. Soalnya kalo ke Blitar itu identik sama ziarah makam Presiden Soekarno. Pulangnya bisa mampir sini bentar.

Cuma kudu hati-hati juga, jalan menuju pantai ini cukup menantang dengan naik turun dan rusak di beberapa titik.

Sementara itu, tiket masuknya gak mahal, cuma Rp 5.000 aja (harga bisa berubah yaa). Dengan uang segitu kita disuguhi samudera Hindia? Sangar gak tuh?

keindahan pantai jolosutro
Kapan mau ke pantai Jolosutro Blitar? Sampai ketemu di sini ya! | @anggita038881

Okelah, jadi kapan mau main? Kapanpun itu, ingat selalu untuk gak buang sampah di sembarang tempat ya. Ingat! Kita gak boleh ‘memperkosa’ alam!

Gitu dulu yaa, ketemu lagi besok jam 6 pagi. Sampai ketemu juga di pantai Jolosutro Blitar. Tchao!


Featured image by @dianaarahmah